Peluncuran Seleksi Program Kelas Komatsu untuk 36 Siswa Terpilih

Cilacap – SMK Boedi Oetomo Cilacap merupakan salah satu pendidikan vokasi tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) yang bertujuan menjadi sekolah pencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan siap terjun ke dunia kerja bagi nasional maupun multinasional.

PT Komatsu Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur alat berat, meluncurkan program Long Distance Apprenticeship (LDA) di SMK Boedi Oetomo Cilacap. LDA adalah program rekrutmen yang diadakan oleh PT Komatsu untuk sekolah-sekolah yang sudah menjalin MoU dengan PT tersebut. Tujuan dari LDA sendiri adalah sebagai pelatihan untuk terjun langsung ke dunia kerja, yaitu PT Komatsu Indonesia dan Komatsu Under Career Indonesia.

“Pelaksanaan kelas Komatsu sudah berjalan MoU dari tahun 2019, hanya saja untuk pelaksanaan LDA baru diadakan tahun ini karena ada beberapa siswa yang belum bisa langsung bekerja di PT Komatsu. Alasannya adalah peserta yang akan bekerja di PT tersebut harus sudah berumur 18 tahun. Oleh itu, peserta harus menunggu hingga umur mereka sudah mencapai 18 tahun,” jelas Ibu Dewan Twi Kusumaningtyas, Kepala Sekolah SMK Boedi Oetomo Cilacap.

Seleksi program kelas Komatsu ini mula dilaksanakan pada 13 hingga 16 Juni 2022 dengan rangkaian kegiatan technical meeting, tes psikotes, wawancara dan tes fisik. Pengumuman bagi siswa yang lolos dilakukan secara online melalui grup WhatsApp yang dibuat oleh sekolah pada 18 Juni 2022. Agenda ini rutin dilakukan setiap tahun di akhir semester genap siswa kelas X jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

Terdapat dua tahapan seleksi kelas Komatsu yaitu tes fisik dan wawancara. Secara teknis, diambil 15 peserta dengan hasil terbaik dari setiap kelas TKRO yang berjumlah 4 kelas di tahun ajaran 2021/2022 untuk mengikuti seleksi tersebut yang pada akhirnya, hanya 36 siswa yang diterima untuk menempatkan satu kelas Komatsu. Benefit yang diterima oleh siswa yang lolos seleksi adalah akan diprioritaskan untuk bekerja di Komatsu setelah lulus sekolah.

Harapannya, keterserapan siswa semakin tinggi di dunia industri khususnya di PT Komatsu Indonesia sekaligus membuktikan bahwa SMK Boedi Oetomo Cilacap mampu menghantarkan lulusannya untuk bekerja.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *